Cara Pembagian Harta Bersama

Jika sebelum perkawinan telah dibuat perjanjian kawin yang intinya memisahkan seluruh harta bawaan dan harta perolehan antara suami istri tersebut, maka ketika perceraian terjadi, masing-masingsuami/istri tersebut hanya memperoleh harta yang terdaftar atas nama mereka. Karena tidak dikenal istilah harta bersama atau istilah awamnya “harta gono gini”. Dengan demikian, dalam kasus tersebut, sang suami tidak berhak terhadap deviden dari usaha tersebut, juga terhadap harta lainnya yang menjadi milik istri, begitu juga sebaliknya.

Namun, apabila di antara suami istri tersebut tidak pernah dibuat Perjanjian Kawin, maka berdasarkan Pasal 119 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, terhitung sejak perkawinan terjadi, demi hukumterjadilah percampuran harta di antara keduanya (jika perkawinan dilakukan sebelum berlakunya Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan – “UU Perkawinan”). Akibatnya harta istri menjadi harta suami, demikian pula sebaliknya. Inilah yang disebut sebagai harta bersama. Terhadap harta bersama, jika terjadi perceraian, maka harus dibagi sama rata antara suami dan istri. Pembagian terhadap harta bersama tersebut meliputi segala keuntungan dan kerugian yang didapatkan dari usaha maupun upaya yang dilakukan oleh pasangan suami/istri tersebut selama mereka masih terikat dalam perkawinan.

Sedikit berbeda dengan pengaturan sebelum berlakunya UU Perkawinan, setelah berlakunya UU Perkawinan, tentang harta benda dalam perkawinan diatur dalam Pasal 35 ayat (1) dan (2) UU Perkawinan.Yang berbeda adalah bagian harta yang mana yang menjadi harta bersama. Dalam KUHPerdata, semua harta suami dan istri menjadi harta bersama. Dalam UU Perkawinan, yang menjadi harta bersama adalah harta benda yang diperoleh selama perkawinan, sedangkan harta yang diperoleh sebelum perkawinan menjadi harta bawaan dari masing-masing suami dan istri. Harta bawaan dan harta benda yang diperoleh masing-masing sebagai hadiah atau warisan berada di bawah penguasaan masing-masig sepanjang para pihak tidak menentukan lain.

Oleh karena itu, jika investasi (harta) tersebut diperoleh dalam perkawinan, maka menjadi harta bersama yang harus dibagi antara suami dan istri dalam hal terjadi perceraian (Pasal 37 UU Perkawinan).

Jika anda memiliki masalah hukum maka diharapkan datang kepada orang atau Kantor Hukum, Kantor Pengacara, Kantor Advokat, Lawyer, Konsultan Hukum, dan Mediator RAM & Partners Yang berkantor Pusat di Kota Jogja / Yogyakarta yang ahli dalam menangani berbagai kasus hukum.  Kantor Hukum RAM & Partners siap menangani berbagai kasus yang ada seperti kasus tindak pidana korupsi atau penyuapan atau penyalahgunaan kewenangan.

Maupun berbagai kasus hukum lainnya seperti kasus pidana / kriminal, baik tindak pidana umum maupun tindak pidana khusus seperti kasus korupsi, Penyalahgunaan Narkoba, Tindak Pidana Perlindungan Anak, tindak pidana oleh militer, penipuan dan penggelapan, serta kasus perdata, seperti hutang – piutang, sengketa waris, perkawinan, pengesahan / isbat nikah siri, perceraian baik bagi yang beragama muslim maupun non muslim, pembagian harta bersama (gono gini), perebutan hak asuh anak, nafkah anak, izin poligami, dan berbagai kasus lainnya.

Kantor Hukum, Kantor Pengacara,  Kantor Advokat, Lawyer, Konsultan Hukum, dan Mediator RAM & Partners juga membantu dalam memberikan Legal Opinion (LO), Layanan Konsultasi, Pembuatan Perjanjian sperti Perjanjian Pernikahan, Perjanjian Hak Asuh Anak, Perjanjian Pembagian Harta bersama, Perjanjian Jual Beli, dan berbagai perkanjian lainnya.

Kantor Hukum, Kantor Pengacara,  Kantor Advokat, Lawyer, Konsultan Hukum, dan Mediator RAM & Partners juga menangani kasus perusahaan, sengketa bisnis, penanganan piutang perusahaan, kasus lembaga keuangan & lembaga pembiayaan (Finance), kasus perpajakan, Malpraktik Kesehatan atau Kedokteran, Sengketa Rumah Sakit, Kasus Ketenagakerjaan / perburuhan, perselisihan hubungan industrial (PHI) seperti PHK, Sengketa Hak maupun Kepentingan, Kasus Perbankan, Kasus Macet, Permohonan Eksekusi Hak Tanggungan, Klaim Asuransi, sengketa Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), Paten, Merek, Hak Cipta, Pembuatan dan Analisa Perjanjian Kerjasama, Kontrak Kerja, Waralaba / Frachise,  Sengketa Dengan Perusahaan, Sengketa Pembangunan Hotel, Apartemen, Pabrik dan lain-lain.

WILAYAH KERJA KANTOR PENGACARA RAM & PARTNERS

Kantor Hukum, Kantor Pengacara,  Advokat, Lawyer, Konsultan Hukum, dan Mediator RAM & Partners memiliki wilayah kerja seluruh Indonesia Untuk Provinsi Yogyakarta, meliputi Kabupaten Bantul, Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Wonosari / Kabupaten Gunungkidul, Wates / Kabupaten Kulon Progo. Wilayah Provinsi Jawa Tengah meliputi Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Klaten, Delanggu, Solo / Surakarta, Karanganyar, Sragen, Muntilan, Kota Magelang, Kabupaten Magelang / Mungkid, Purworejo (Kutoarjo), Kabupaten Banyumas (Purwokerto), Boyolali, Salatiga, Banjarnegara, Banyumas, Batang, Blora, Cepu, BrebesSukoharjo, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo, Ambarawa, Ungaran, , Cilacap, Demak, Kusus, Pati  Grobogan, Jepara, Kebumen, Kendal, Pekalongan, Pemalang, Purbalingga, Rembang, dan wilayah lainnya.

Kantor Hukum, Kantor Pengacara,  Advokat, Lawyer, Konsultan Hukum, dan Mediator RAM & Partners juga melayani penanganan perkara di kota-kota besar lainnya di Indonesia seperti wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Kota Bandung, Kota Bogor, Kota Tangerang, Kota Bekasi, Banda Aceh, Kota Medan, Kota Bengkulu, Kota Pekanbaru, Padang, Kota Palembang, Bandar Lampung, Batam, Bogor, Kota Surabaya, Malang, Kota Denpasar, Badung, Bali, Kota Mataram, Sumbawa, Balikpapan, Pontianak, Kubu Raya, Singkawang, Samarinda, Makassar, Palu, Palopo,  Manado, Kendari, Ambon, Papua dan lain sebagainya.

Untuk info lengkapnya silahkan datang kekantor kami secara langsung atau anda dapat menghubungi kami langsung dan juga dapat mengadakan pertemuan diluar kantor atau di luar jam kerja, dan bahkan dapat datang ke tempat anda namun dengan perhitungan biaya transportasi di tanggung oleh anda secara keseluruhannya. Kami akan memberikan penjelasan hukum terkait dengan permasalahan yang sedang anda hadapi dan kami siap menjalin kerjasama, silahkan hubungi kami Kantor Hukum, Kantor Pengacara,  Advokat, Lawyer, Konsultan Hukum, dan Mediator RAM & Partners.

Related posts

Leave a Comment

WhatsApp chat