Pengajuan Wali Adhol atau Wali Nikah

Pengajuan Permohonan Wali Adhol/Wali Adlal

 

Langkah lain yang dapat Anda lakukan adalah, jika Anda beragama Islam, Anda dapat mengajukan permohonan penetapan Wali Adhol.

 

Bersumber dari wawancara kami dengan Praktisi Hukum di bidang Perkawinan Islam, Muhammad Muslih, dalam hal ini calon mempelai wanita dapat mengajukan permohonan kepada pengadilan agama supaya ayahnya dinyatakan sebagai wali Adhol/adlal yakni wali yang membangkang/menolak menikahkan anaknya karena alasan tertentu.

 

Namun dengan syarat, menurut Muslih, pria yang menjadi calon mempelai suami ini memang benar-benar pria yang baik, bertanggungjawab, tidak pemabuk, dan sebagainya. Karena ayah tidak mau menikahkan putrinya dengan pria tersebut padahal pria itu adalah pria yang baik, maka dengan pertimbangannya hakim pengadilan agama dapat menerima alasan itu dan menyatakan bahwa ayah tidak mau dan dinyatakan sebagai wali adhol. Dalam hal wali adlal enggan maka wali hakim baru dapat bertindak sebagai wali nikah setelah ada putusan pengadilan Agama tentang wali tersebut.

 

Masih berdasarkan pendapat Muslih namun bersumber dari tulisan yang dikirimkannya kepada kami via email,Wali adhol (adlal) adalah wali nasab yang membangkang (menolak) untuk menikahkan puterinya dengan alasan tertentu. Untuk menentukan seorang ayah sebagai wali adhol, diperlukan permohonan/gugatan di Pengadilan Agama dimana wanita tersebut bertempat tinggal. Jika nantinya dalam persidangan terbukti bahwa ayah tersebut tidak mau menjadi wali bagi puterinya dengan alasan yang tidak dibenarkan oleh syar’i (misalnya calon suami kurang tampan, kurang kaya, hitam, kerempeng dan seterusnya) maka ayah tersebut akan ditetapkan sebagai wali adhol, kemudian wali hakimlah yang akan menjadi wali nikah wanita tersebut. Namun sebaliknya, jika alasan penolakan sang ayah bisa diterima secara syar’i maka permohonan/gugatan penetapan wali adhol akan ditolak oleh Pengadilan Agama yang berwenang, misalnya calon suami tidak beragama Islam atau residivis (pembunuhan) dan seterusnya.

Related posts

Leave a Comment

WhatsApp chat