Syarat Gugat Cerai Ghaib

Syarat Cerai Gugat Ghaib

Gugatan Percerain secara ghaib sering kali orang-orang mengatakan gugatan secara rapak, awalnya saya juga bingung apa itu rapak? karena dalam hukum acara tidak mengenal kata rapak, namun setelah saya cari informasi berdasarkan bahwa jawa rapak adalah gugatan cerai tanpa sepengetahuan tergugat atau termohon karena tergugat atau termohon tidak diketahui keberadaannya secara pasti di seluruh Wilayah Republik Indonesia. Dalam hal suami ghaib tidak diketahui keberadaannya, maka ada persyaratan yang wajib dipenuhi oleh istri (Penggugat) yang mengajukan gugatan cerai. Masih bersumber dari laman Pengadilan Agama Malang Kelas 1A, persyaratan yang wajib dipenuhi yaitu:

  1. Alamat lengkap Penggugat saat ini (RT, RW, Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota). Apabila tempat tinggal Penggugat saat ini sudah tidak sesuai dengan alamat yang tertera di KTP, maka harus disertakan juga Surat Keterangan Domisili dari kelurahan tempat tinggal Penggugat sekarang.
  2. Karena alamat Tergugat sudah tidak diketahui lagi, baik di dalam maupun di luar wilayah Republik Indonesia, maka harus disertakan juga Surat Keterangan telah ditinggal oleh suami selama 2 (dua) tahun dari Kelurahan (minta pengantar terlebih dahulu ke RT/ RW) /Surat Keterangan Ghaib dari kelurahan).
  3. Foto Copy KTP Penggugat (2 lembar).
  4. Foto Copy Buku Nikah (2 lembar).
  5. Buku Nikah Asli.
  6. Surat Gugatan (rangkap 4). Surat gugatan harus jelas dan disertai dengan alasan yang jelas dan terperinci.
  7. Membayar Panjar Biaya Perkara.

Related posts

WhatsApp chat